B i o g r a f i   S i n g k a t

 

 

Dinas di Pekalongan

Di antara kenangan yang menegangkan sepanjang kariernya sebagai hakim adalah saat di Pekalongan yang saat itu keadaan masih dalam keadaan kacau (Oktober sampai Desember 1945) kekacauan paling awal dan brutal terjadi di Tegal, sampai-sampai istri Bupati Tegal dan mertuanya (Ny. Kardinah, kakak R.A. Kartini) sempat diarak ke alun-alun lalu disekap gerombolan.

 

Pekalongan realtif lebih tenang, karena markas TKR relatif lebih kuat di Pekalongan. Maka, keluarga Soeprapto tidak perlu mengungsi. Kemudian, baru meletus agresi Belanda 1947, 

Pak Hakim Prapto sebagai Republikien memilih mengungsi ke daerah RI, Selatan Pekalongan. Kasus “Tiga Daerah” yang ditanganinya, untunglah sudah selesai. Si Kutil terdakwa yang diamati, ikut juga mengungsi. Maklum zaman perang, tahanan pun ikut numpang mengungsi.

 

Sebagai hakim yang patuh pada tugasnya, dalam mengungsi-pun yang terpikir pertama bukan menyelamatkan mobil atau hrta lainnya. Dengan tergesa-gesa, pak hakim ini mengungsi bersama keluarga hanya membawa dua kopor pakaian dan berkas perkara  Kutil  si terpidana mati. “Malahan Kutil ikut mengungsi bersama kami,” tutur Ny. Soeprapto yang kini telah berusia 80 tahun. Kutil dan anak buahnya, yang semuanya berstatus tahanan, ikut membawakan kopor  yang sebenarnya berisi berkas perkara dia sendiri. “Anak-anak sayapun ikut digendong dan tidak menunjukkan dendam pada Pak Prpato, hakim yang memutus dia dihukum mati. Padahal saya was-was juga, apalagi zaman perang,” kenang Ny. Soeprapto.

 

Pekalongan yang rusuh, pengungsian dan kekhawatiran merupakan hari-hari yang mencekam bagi keluarga Soeprapto. Pak Prapto sendiri kembali bertanya-tanya, ketika mendengar Kutil yang telah dijatuhi hukuman mati itu melarikan diri. Pak Prapto lega, ketika diminta menjadi saksi atau diulang kembali pengadilan Kutil. Terpidana ini telah ditemukan kembali.

 

 

 

R.Soeprapto Bapak Kejaksaan RI

Masa Sekolah dan Dinas

Dinas di Pekalongan

Pengungsian di Jogyakarta

zaman Parlementer

Sidang Para Menteri & Jenderal

Mengakhiri Masa Jabatan

Da ftar Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan

Lambang Keberanian , Kecerdasan & Ketelitian



Kantor Pemasaran Buku 

Mengadili Menteri Memeriksa Perwira

 

Wijaya Graha Puri ,Blok A 3-4

Jl. Wijaya II ,Jakarta 12160 - Indonesia

Phone: +6221-7262762

Fax:+6221-72797569

email : info@rsoeprapto.com



Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Foto R.Soeprapto

 

 

Copyright © 1999-2001 Daksa-Studio Hak Cipta dilindungi undang-undang.
Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian tampilan dan/atau isinya
dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari
Daksa-Studio